Kamis, 22 Maret 2018

ketahui Manfaat konsumsi kismis secara rutin untuk kesehatan

ketahui Manfaat konsumsi kismis secara rutin untuk kesehatan,- Kismis merupakan makanan yang terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Seringkali kismis dipakai untuk olahan makanan atau kue.

selain mempunyai rasa yang manis dan lezat, kismis juga mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat mengonsumsi kismis.

Mengobati anemia
Jika Anda menderita anemia, maka perbanyaklah mengonsumsi kismis. Sebab kismis mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lain yang mampu meningkatkan jumlah darah.

Mencegah kanker
Zat antioksidan yaitu polifenol catechin yang ada di dalam kismis mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker.

Merawat mata
Fitonutrien yang merupakan salah satu zat antioksidan di dalam kismis mampu mencegah kerusakan mata karena radikal bebas.

Menyehatkan gigi
Kismis mampu merawat gigi sebab mengandung asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukkan. Asam ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Menyembuhkan sembelit
Kismis kaya akan serat oleh sebab itu mampu menyembuhkan sembelit.

Membersihkan pencernaan
Kismis kaya akan serat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan racun di dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kismis sarat akan glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi asam lambung
Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang dapat menyebabkan maag.

Jumat, 13 Januari 2017

Perubahan Hormon, Ini Yang Mengubah Wanita Jadi Orang Berbeda Saat Menstruasi

Siklus mentruasi wanita yang datang sebulan sekali biasanya menyebabkan banyak perubahan fisik dan mental pada wanita. Hal inilah yang seringkali menjadi pertanyaan kebanyakan wanita, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuhnya?

Nah, untuk bisa menjelaskan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, berikut ini Vemale bertanya langsung pada MeetDoctor yang dijawab oleh dr. Nina Amelia Gunawan. Berikut ini penjelasannya.

Mengapa sebelum menstruasi perut sering kembung dan terasa penuh?

Hormon seksual dalam hal ini estrogen dan progesterone, memiliki andil terhadap timbulnya gangguan saluran cerna yang seringkali dijumpai baik pada periode pra-menstruasi maupun saat menstruasi. Reseptor dari kedua hormon dijumpai pula pada sel gastrointestinal/saluran cerna sehingga fluktuasi kedua hormon tersebut juga akan mempengaruhi sistem saluran cerna.

Progesteron akan menyebabkan penurunan tonus sfingter esofagus dan perlambatan pengosongan lambung. Pada hari pertama menstruasi, terjadi penurunan drastis kadar progesteron dan peningkatan kadar prostaglandin (stimulan kuat terhadap kontraktilitas dan motilitas usus besar).  Inilah sebabnya mengapa pada periode pra-menstruasi umumnya akan timbul keluhan kembung sedangkan keluhan saluran cerna lainnya seperti diare, muntah, dan nyeri perut timbul pada periode menstruasi.
Obat Asam Lambung >> obat asam lambung tinggi alami teruji ampuh, mengobati asam lambung tinggi sampai tuntas.
Apakah normal keinginan makan jadi berlebih beberapa hari menjelang menstruasi?

Peningkatan nafsu makan merupakan keluhan yang umum di jumpai pada periode pramenstruasi. Hal ini diduga disebabkan karena penurunan kadar estrogen dan peningkatan kadar progesteron yang dijumpai selama fase luteal (periode setelah masa subur dan sebelum menstruasi).

Estrogen di duga memiliki efek supresi terhadap produksi leptin, sinyal kimia yang dihasilkan oleh sel lemak kepada otak untuk menentukan persepsi lapar/kenyang, dan memiliki efek lipolitik serta membantu mobilisasi asam lemak saat berolahraga. Sedangkan progesteron berkontribusi terhadap timbulnya anxietas/kecemasan pra-menstruasi, kondisi yang dapat menyebabkan seorang wanita lebih kritis terhadap tubuhnya. Kombinasi perubahan kedua hormon itulah yang menyebabkan peningkatan nafsu makan pada wanita selama periode pra-menstruasi.

Jika berat badan naik sekitar 1 kg menjelang menstruasi tetapi normal kembali setelah mentruasi selesai, apakah normal?

Pertambahan berat badan yang dapat di kontrol selam periode menstruasi umumnya tidak akan menimbulkan efek serius dan masih dianggap normal. Namun alangkah baiknya bila Anda menyiasati peningkatan nafsu makan selama periode menstruasi misalnya dengan mengubah pola makan menjadi lebih sering dalam porsi kecil yang terbagi.

Anda juga bisa memilih sumber karbohidrat kompleks seperti seral, kacang-kacangan, dan buah serta meningkatkan konsumsi protein. Selain itu, kelola stress agar Anda tidak makin terjerumus dalam peningkatan nafsu makan yang tidak terkendali.

Buah Sirsak Manis Asam Yang Kaya Manfaat Bagi Kehamilan

Sirsak atau yang di kenal dengan nama graviola ini, merupakan tanaman asli Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara. Buah yang memiliki tekstur lembut dengan rasa manis asam ini diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungannya nutrisinya yang cukup beragam.

Bagian sirsak yang memiliki kandungan nutrisi ini tak hanya buahnya, melainkan bagian akar, kulit kayu, bunga, dan daunnya pun memiliki kandungan nutrisi yang kaya manfaat bagi tubuh, termasuk bagi ibu hamil.
Obat Asam Lambung >> obat asam lambung tinggi alami teruji ampuh, mengobati asam lambung tinggi sampai tuntas.
Mengonsumsi buah sirsak selama kehamilan dapat membantu Anda meningkatkan  kekebalan tubuh. Tak hanya itu, sirsak yang kaya serat juga akan membantu Anda terhindar dari resiko wasir yang seringkali terjadi selama masa kehamilan.

Selain itu, hasil dari berbagai uji klinis laboratorium pun banyak menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil, seperti peradangan uretra, menurunkan gula darah, hingga membantu mengatasi masalah keracunan makanan pada ibu hamil. Wah, cukup menakjubkan ya, manfaat buah sirsak ini?

Tapi anda tetap tidak di sarankan untuk mengonsumsi buah sirsak ini dalam jumlah yang berlebihan ya, sebab rasa asam dari buah sirsak yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dikhawatirkan dapat menyebabkan asam lambung meningkat yang pada akhirnya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman berupa mual dan muntah. Selain itu, konsumsi buah sirsak dalam jumlah banyak juga dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kontraksi prematur yang sebaiknya di hindari selama kehamilan.

5 Sarapan Sehari-Hari Ini Ternyata Tak Sehat Sama Sekali

Sarapan merupakan waktu makan sangat di anjurkan jika kamu ingin punya tubuh sehat,  menurunkan berat badan dan punya mood yang baik seharian. Tapi banyak orang sering mengabaikan makan pagi ini.

Beberapa orang sudah rajin sarapan, tapi terkadang makanan yang dikonsumsi ternyata tak sehat. Ada beberapa menu sarapan yang seringkali dipilih banyak orang tapi ternyata tidak sehat lho. Waduh, kok bisa? Ini sekian makanan sarapan tersebut.

Jus
jus buah memang sangat baik untuk sarapan, tapi yang menjadi kelemahan jus adalah kurangnya serat dan terkadang jus masih ditambah gula sehingga membuat kalori menumpuk di tubuh. Terlalu banyak gula di pagi hari bisa menyebabkan kantuk.
Obat Asam Lambung >> obat asam lambung tinggi alami teruji ampuh, mengobati asam lambung tinggi sampai tuntas.
Kopi
seringkali orang mengaku sibuk hingga tak sempat sarapan dan akhirnya beralih pada kopi. Sedangkan kopi sendiri bisa membuat perut kembung, menambah asam lambung di pagi hari, tak punya serat dan tidak membuat kenyang. Kopi memang bisa memberi semangat tapi bukan pilihan tepat.

Roti tawar dan roti semacamnya tak hanya memiliki banyak kalori dan gula, tapi juga kurang serat. Meskipun lebih baik daripada tak makan sama sekali, tapi roti memiliki risiko menggemukkan badan dan membuatmu mengantuk.

Cokelat.
Terkadang, karena banyak orang merasa tak begitu lapar di pagi hari, mereka memilih cokelat sebagai sarapan karena mengandung kalori tinggi dan mampu membuat suasana hati lebih baik. Cokelat memang bisa melepaskan stres tapi bukan diciptakan untuk menu sarapan.

Cereal
Cereal yang kaya karbohidrat dan gula namun rendah serat justru tidak jadi sarapan yang sehat. Jika kamu masih suka makan cereal yang dituang susu, pastikan kamu mengimbangi porsinya dengan menambahkan atau oats.